Flu Kuda di India Bukan yang Pertama

Minggu, Mei 24, 2009



Foto: Ilustrasi Jakarta - Flu kuda yang telah menewaskan sedikitnya 43 kuda di India ternyata bukan pertama kali terjadi. Flu yang terkenal dengan istilah equine influenza ini sebelumnya juga telah menjangkit di Australia.

Berdasarkan penelusuran detikcom, Senin (11/5/2009), flu kuda pernah menjangkit di Australia pada pertengahan 2007 lalu. Akibat flu tersebut, industri balap kuda di Australia lesu.

Virus kuda ini kurang berbahaya bagi manusia, namun menyebabkan kesulitan pernapasan, pusing, serta kematian pada kuda-kuda. Sebelum terjadi di Australia, virus ini juga diduga telah mengakibatkan kematian ratusan onta di Arab Saudi. Dan sekarang, flu ini mulai menjalar kembali di India.

Di Indonesia, pada 2007 lalu antisipasi terhadap flu kuda juga gencar dilakukan. Stasiun Karantina Hewan Kelas I Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, pernah mengawasi secara ketat lalu lintas masuknya hewan dan produk olahan hewan dari luar negeri, terutama asal Australia dan Jepang. Langkah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran wabah equine influenza.

Flu Equine disebabkan oleh virus Influansa A yang endemik pada kuda. Kuda yang terserang flu ini akan kejang-kejang, demam, serta keluar lendir di hidung. Virus tersebut bisa berpindah ke jenis hewan lain dan menular pada manusia.

(anw/mpr)


0 komentar:

/baca /bye /ding /hore /joget
/kembik /love /marah /melet /mencak
/nangis /ngayal /puyeng /serem /stres

Posting Komentar